Kumpulrejo - Rapat Kerja PPDI Kecamatan Patebon Tahun 2021

Rapat Kerja PPDI Kecamatan Patebon Tahun 2021

KUMPULREJO.DESA.ID – Persatuan Perangkat Desa Seluruh Indonesia (PPDI) Kecamatan Patebon mengadakan Rapat Kerja (Raker) di Aula Balaidesa Purwosari Patebon. Rabu, (08/04).
Hadir dalam Raker kali ini Ketua Umum PPDI Kabupaten Kendal, Ketua PPDI Kecamatan Patebon, Ketua Forsekdesi Kecamatan Patebon, Pengurus PPDI Kabupaten Kendal, Pengurus PPDI Kecamatan Patebon serta Koordinator Desa sekecamatan Patebon.
Any Ismafarida, A.Md sekretaris PPDI Kecamatan Patebon memohon maaf yang semula agenda yang rencana akan dilaksanakan di Aula Kecamatan Patebon terpaksa diganti di Aula Balaidesa Purwosari dikarenakan ada agenda lain yang lebih penting yang akan dilaksanakan di Aula Kecamatan. “Kita ngalah saja demi kepentingan bersama” ucapnya.
Ketua umum PPDI Kabupaten Kendal Chumaedi, S.H dalam sambutanya menyampaikan ada hal yang perlu disingkronkan terkait kerja Organisasi yaitu :
1. Data base Perangkat Desa se Kecamatan, yang nantinya diarahkan ke Nomor Induk Perangkat Desa ( NIPD).
2. Menetapkan jenis Pakaian,Identitas lain demi untuk keseragaman.
3. Menetapkan Media Komunikasi di Jejaring sosial.
4. Ada Kantor Sekretariat, papan nama ,email, dan nomor telepon dan nomor rekening.
5. Sumber pendanaan apa saja yang bisa di gali, selain iuran anggota.
Chumaedi juga berpesan Kepada Ketua PPDI Kecamatan Patebon " Kita dengar saat di Sekolah Dasar dulu,yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho Ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani Ketiganya merupakan buah pikiran Ki Hajar Dewantoro (Bapak Pendidikan Indonesia) Yang artinya: Di depan memberi teladan, Di tengah membangun kemauan, Di belakang memberi dorongan dan pengaruh yang baik ke arah kemandirian.
Pesan kedua adalah Ngluruk tanpa Bala, Menang tanpa Ngasorake, Sekti tanpa Aji-Aji, Sugih tanpa Bandha: Berjuang tanpa perlu membawa massa; menang tanpa merendahkan; berwibawa tanpa mengandalkan kekuatan, kekayaan atau kekuasaan, keturunan; kaya tanpa didasari kebendaan."

Ketua PPDI Kecamatan Patebon Nasrullah mengharap dengan hadirnya PPDI mudah-mudahan tercipta kenyamanan dalam bekerja melayani masyarakat serta kepastian perlindungan hukum bagi perangkat Desa dalam bekerja, serta dapat menambah kualitas, integritas, loyalitas perangkat Desa di Kecamatan Patebon sehingga bisa lebih optimal lagi. Selain itu sebagai mitra strategis PPDI akan bergerak dalam kesetaraan bersama – sama organisasi lainya di lingkungan perdesaan untuk mewujudkan optimalisasi pengelolaan anggaran serta kemajuan di desa desa sekecamatan Patebon. PPDI akan menjadi menjadi garda terdepan terhadap perlindungan bila mana terjadi kriminalisasi thd anggota PPDI.
Terahir Nasrullah berharap "Semoga PPDI dapat memberi peran nyata terhadap desa desa di Kecamatan Patebon." ucapnya.

Dalam Rakor kali ini dipimpin langsung oleh Ketua PPDI Kecamatan Patebon dan dipandu oleh Puji Saryono sebagai moderator serta Any Ismafarida, A.Md sebagai notulen. Rakor kali ini membahas tentang penggalian sumber dana organisasi, jangka waktu pertemuan organisasi, dana sosial kematian dan usulan seragam organisasi di tahun 2022.
Dalam Rakor PPDI Kecamatan Tahun 2021 kali ini banyak sekali usulan-usulan guna untuk memajukan organisasi juga untuk peningkatan kapasitas perangkat desa itu sendiri. Khasanudin Ketua Forsekdesi Keccamatan Patebon mengharapakan PPDI bisa menjembatani untuk meningkatkan SDM perangkat desa dikecamatan Patebon, karena banyak perangkat desa di Kecamatan Patebon yang berpotensi dan berprestasi. Kalau memang PPDI bisa menunjukan peranan yang baik niscaya apa yang menjadi program PPDI akan mudah didukung oleh pihak desa dan kecamatan. Usulan untuk peningkatan kesejahteraan juga harus dipikirkan oleh PPDI” ucapnya.

Setelah Raker selesai dan sebentar lagi kita menghadapi bulan Ramadhan, pengurus PPDI Patebon membuat vidio ucapan selamat menunaikan ibadah suci ramadhan bagi anggota dan masyarakat Kabupaten Kendal.

*


Dipost : 08 April 2021 | Dilihat : 2117

Share :