Kumpulrejo - Rehab Gedung PKD Demi Kesehatan Warga Kumpulrejo

Rehab Gedung PKD Demi Kesehatan Warga Kumpulrejo

KUMPULREJO.DESA.ID  Untuk mendorong kemandirian masyarakat dalam melakukan hidup sehat, meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan dasar masyarakat Pemeritahan Desa Kumpulrejo, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, merehap gedung Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) yang berlokasi di RT 003 RW 003 Desa Kumpulrejo.

  Baca juga : Prasarana Desa Kumpulrejo

Rehap gedung PKD menggunakan anggaran DD Desa Kumpulrejo sebesar Rp 23.458.825 yang dilaksanakan secara swakelola. Gedung PKD Kumpulrejo dibangun dekat TK Terai Mekar dan lapangan desa(rintisan) setempat yang letaknya strategis di pinggir jalan utama. Rehap kali ini meliputi penggantian genteng, teras dan lain-lain.

Kepala Desa Kumpulrejo Basuki mengatakan, kesehatan merupakan salah satu tolak ukur kesejahteraan masyarakat. Keberadaan PKD menjadi salah satu sarana penunjang bagi masyarakat desa, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang cepat dan terjangkau.

“Adanya peningkatan gedung PKD nantinya permasalahan kesehatan di desa dapat terdekteksi secara dini, sehingga bisa ditangani dengan cepat dan diselesaikan sesuai kondisi, potensi dan kemampuan yang ada,” katanya.

Pelayanan kesehatan di gedung PKD antara lain, pelayanan kesehatan dasar termasuk kefarmasian sederhana,
penyuluhan dan konseling, penanganan kegawatdaruratan, penanganan penyakit, perujukan, dan pembinaan kader.

Menurutnya, dibangunnya gedung PKD diharapkan semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, serta mampu menjadi ujung tombak dalam mewujudkan tercapainya keberhasilan pelaksanaan pembangunan di bidang kesehatan. Adanya gedung PKD ini, dapat mendukung Program Pemerintah Kabupaten Kendal dalam upaya menghasilkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas guna mendukung tercapainya Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Kendal Khususnya dibidang Kesehatan.

  Baca Juga : Realisasi Dana Desa (DD) Tahun 2019

“Masalah kesehatan itu salah satu tolok ukur dalam meningkatkan kesejahteraan warga. Majunya derajat kesehatan akan meningkatkan indeks pembangunan manusia atau IPM,” terang Basuki

Basuki juga berterima kasih kepada Forum Kesehatan Desa (FKD) Kumpulrejo yang terus aktif dan maju sebanding dengan desa lainnya. FKD Kumpulrejo dapat melaksanakan programnya dengan baik untuk meningkatkan derajat kesehatan warga.


Dipost : 05 Maret 2020 | Dilihat : 1072

Share :