Kumpulrejo - Dapur Umum Banjir Dipenghujung 2022

Dapur Umum Banjir Dipenghujung 2022

KUMPULREJO.DESA.ID – Pemerintah Desa Kumpulrejo Kecamatan Patebon mengadakan dapur umum diahir tahun 2022. Pelaksanaan dapur umum kali ini difokuskan disatu titik yaitu didepan rumah Bapak Sugiri di Dusun Korowelang Kidul yang merupakan Linmas Desa Kumpulrejo. Sabtu 31 desember 2022.

Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen pemeritahan desa dan  masyarakat, baik dari unsur BPD,  perangkat desa, ibu PKK  dan lembaga desa yang lain.

Banjir yang terjadi diahir tahun 2022 kali ini melanda sebagian besar wilayah desa Kumpulrejo yaitu wilayah Dusun Korowelang Lor, Dusun Marong Wetan dan Dusun Korowelang Kidul. Faeson ditemani Turiyadi selaku kepala dusun Korowelang dan Nasrullah kepala dusun Marong berkeliling langsung memantau kondisi banjir ditiap wilayah terdampak banjir kali ini. “Saya tidak menyangka wilayah Dusun Marong Wetan terjadi banjir akibat dari luapan suangai irigasi dan menggenanggi beberapa rumah diwilayah RT 2,3,4 dan 5 dan wilayah RT 3 dan RT 4 yang paling parah pada banjir diahir tahun 2022 ini” ucap Faeson. Untuk sebagian wilayah dusun Korowelang Lor dan Dusun Korowelang Kidul memang sudah menjadi langganan banjir, kondisi ini disebabkan oleh keadaan wilayah tersebut yang merupakan daerah cekungan diwilayah sekitarnya. Diperparah lagi draenase dilingkungan tersebut tidak bisa mengalir lancar karena terhalang meluapnya air diarea sawah disekitar wilayah tersebut bahkan kelihatan seperti lautan karena tanaman padi yang ada sudah tertutup air semua.

Kepala Desa beserta Ketua TPKK Desa Kumpulrejo Bapak Faeson dan Ibu Sopiyatun memantau langsung pelaksanaan dapur umum kali ini. Faeson disela-sela aktifitas memasak mengatakan, saya sangat bangga sekali dengan warga desa Kumpulrejo yang dengan sigap dan antusias sekali bersama-sama gotong royong memasak memikirkan warga lain yang tidak bisa memasak karena rumahya kemasukan air. Kita membuat nasi bungkus sejumlah kurang lebih 1500 bungkus untuk dibagikan kepada warga yang terdampak banjir kali ini. Ini merupakan kegiatan tanggap bencana yang dilakukan pemerintah desa Kumpulrejo dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Kita juga mendapatkan bantuan dari BAZARNAS Kabupaten Kendal yaitu berupa beras 100 Kg, mie kemasan 6 kardus dan 12 liter minyak goreng ucap Nasirudin anggota BPD desa Kumpulrejo yang juga menjadi relawan BAZARNAS Kabupaten Kendal.

 

 

 

 

 


Dipost : 31 Desember 2022 | Dilihat : 561

Share :